Monday, June 23, 2014

Lelaki Cadangan



Haaaaaaah….. ha! Rasanya mau teriak sekencang-kencangnya. Akhirnya UAS gue selesai juga. Setelah dua minggu berasa jadi orang yang menderita bisulan menahun di jidad, gue merasakan juga gimana rasanya bisul itu pecah dan menghilang bersama mata nanah kesayangannya. Itu rasanya campur aduk men! Antara bahagia, sedih, sekaligus terharu, karena dengan berakhirnya UAS gue di semester ini, bersamaan dengan itu gue memasuki tahun terakhir masa studi gue di Yaman, dan tandanya hanya dalam hitungan 12 bulan kedepan  in syaa’ Allah gue bakalan balik ke bumi pertiwi, asik dah.
Gak nyangka ujian semester kali ini pas banget di bulan Juni. Bulannya para Gemini, termasuk gue. hehe. Tanggal 14 Juni kemaren gue ulang tahun. Gue mau ngucapin selamat juga, buat para Gemini yang ulang tahun. Semoga lo semua panjang umur, murah rezeki, dan apa yang lo cita-citakan semuanya bisa tercapai dengan hasil yang memuaskan. Gak terasa banget, ternyata umur gue udah ‘Ji Go’ alias 25. Sobat gue sempet bilang waktu ngucapin selamat ultah, ‘tua amat lo Fik!’ kalimatnya singkat, tapi mendengar itu, gue langsung berasa ngerayain ultah ke 70. Padahal umur gue sama dia jaraknya cuma 3 th.
Oya… kali ini gue mau ngomongin cowok cadangan. Soalnya pas ujian kemarin sempat-sempatnya temen gue si Ohok curhat seharian tentang pacarnya yang ninggalin dia kawin.
Singkat cerita, si Ohok teman gue yang lumayan ganteng ini punya pacar yang benar-benar udah klik sama dia. Dan pacarnya juga ngerasain hal yang sama, katanya sih sayang banget sama si Ohok. Tapi, berhubung si Ohok ini masih setahun lagi studi bareng gue dan kebetulan ada yang mau ngelamar pacarnya lebih cepat, pacarnya lebih milih meninggalkan si Ohok. Soalnya kata si Ohok waktu mereka saling serius merencanakan masa depan, keluarga pacarnya minta paling lambat si Ohok bisa nikahin pacarnya tahun 2015 nanti, tapi ketika ada kandidat baru yang datang, pacarnya Ohok bilang kalau keluarganya minta dia nikah abis pemilu ini.
Ohok gak bisa apa-apa, selain statusnya yang hanya pacar, dia juga terlalu baik sama pacarnya. Dia gak mau pacarnya menderita dalam penantian. Dia bilang ke pacarnya kalau memang gak kuat menunggu dan ada yang duluan, ya silahkan aja. Apalagi setelah Ohok tau, kalau ternyata profil cowok yang datang kepacarnya jauh lebih baik dari si Ohok.
Setelah pacarnya Ohok memilih yang lain, hubungan mereka masih berlanjut. Tapi sebatas sahabat. Ohok berusaha berbesar hati menerima keputusan pacarnya memilih orang lain. Dan dia juga berusaha untuk terus ada buat pacarnya. Karena tujuannya Ohok cuma mau melihat pacarnya bahagia, meski bukan sama dia. Ckckckc
Ohok bilang ke gue, kalau selama ini pacarnya selalu bilang masih sayang sama Ohok. Dan sampai saat ini pacarnya Ohok belum bisa menghilangkan rasanya ke Ohok. Pacarnya juga bilang, bahwasannya selama ini cuma Ohok yang bisa bikin dia nyaman, bikin dia ketawa, bikin dia selalu optimis. Tapi sayangnya pernyataan seperti itu dari pacarnya bukan bikin Ohok bangga karena dia selalu ada di hati pacarnya, tapi malah bikin Ohok tambah tambah galau dan gak bisa move on. Kata Ohok ke gue, “dia bilangnya sayang sama gue, tapi kenapa dia milih yang lain, Fik.” Dan dengan polosnya gue jawab, “lah, mana gue tau Hok, kan pacar lo dia bukan gue”, sambil nerusin baca. Lagian dia curhat di masjid coba, pas gue lagi belajar.  
Parahnya lagi pacarnya juga bilang, , “Aa Ohok, kalau Neng gak jadi dilamar. Neng masih bisa balikkan ke aa kan. Neng masih sayang sama Aa,” berhubung sampai saat ini pacarnya masih belum dilamar sama kandidat barunya.
Ohok dijadikan cadangan sama pacarnya. Ternyata si Ohok yang selama ini gue kenal pintar, dia bego untuk urusan beginian. Dengan polosnya dia bilang, “bisa Neng, Aa juga masih menyimpan rasa sama Neng.” Dor!
Dari yang tadinya gue serius belajar, denger si Ohok bilang mau dijadiin cadangan sama pacarnya, gue langsung tutup buku, dan bawa dia keluar masjid. Terus gue omelin abis-abisan.
Gue menatap matanya Ohok dengan penuh kesal, gue bilang ke dia, “Hok, sini liat mata gue! Elo itu cowok, JANGAN BEGO! Itu cewek egois, selfish. Mikirin dirinya aja yang hepi, elonya enggak. Dia mau nerima lamaran orang lain, sementara kalau lamaran gak jadi dia minta balik lagi sama elo. Elo tu bukan tempat singgah. Masa mau lo disamain sama hotel. Lagian gak ada sejarahnya cowok jadi cadangan perempuan.”
“Elo ini pinter Hok, gue tau banget. Dan rata-rata nilai lo jauh di atas gue. tapi untuk urusan kayak gini kenapa lo jadi bego? Kadang lo butuh digampar juga yaa biar lo sadar. Elo sayang sama satu orang, sementara dia hatinya bisa pindah-pindah dengan cepat. Lo bilang pertamanya dia mau nunggu elo, trus waktu ada yang mau nikahin lebih cepat, dia milih ninggalin elo. Omongannya cuma nyaman sama elo, sayang sama elo, semuanya bullshitlah. Palsu.”
“Gue kasih tau yaa Hok, cewek itu, kalau dia hanya ngerasa nyaman sama satu orang dan benar-benar merasa dicintai, dia juga bakal melakukan hal yang sama. Lah ini, gak konsisten banget sama omonganya. Kalau memang dia cinta sama elo, mau elo balik 50 th lagi juga dia bakalan nunggu. Kalaupun akhirnya dia nikah, itu karena dipaksa keluarga. Lain lagi kasusnya. Ini pertamanya dia bilang paling lambat 2015, terus waktu ada yang baru dan lebih cepat  dia  bilang keluarganya minta tahun ini. Lo bayangin kalau seandainya itu cewek gak jadi lamaran, sedangkan waktu masih setahun, kalau ada yang datang lagi ya elo jadi cadangan lagi Hok, sampai benar-benar gak ada, baru deh dia datang ke elo dengan mudahnya.”
“Woi, Hok! Sadar gak lo?” si Ohok hanya menunduk mendengarkan omelan gue. “iya, Fik. Gue tolol. Ko bisa yaa gue gak mikir ke sana.”
“Gue bilangin yaa, CINTA LO BUTA! Jangan bodoh deh, masa depan lo masih panjang. Perempuan masih banyak. Yang sholehah masih banyak. Yang cantik masih banyak. Yang bisa sayang sama elo masih banyak. Dan yang bisa real ke elo juga masih banyak. Nah elo, untuk perempuan kayak gitu hati lo jungkir balik, galau, gak semangat belajar. Hidup lo bisa berantakan, Hok. Kesian bonyok lo yang udah capek biayain elo ke sini, sedangkan elonya dibikin galau cuma karena perempuan. Lo gak usah takut deh, kalau emang lo mau nikah nanti, lo telp gue. Gue cariin yang kayak Milane Fernandez pakai jilbab.”
Setelah gue omongin panjang lebar, akhinya si Ohok mantep buat move on dan gak berhubungan lagi sama pacarnya. Lagian menurut gue gak baik juga si Ohok terus behubungan walaupun bilangnya sahabatan. karena pasti si Ohok masih menyimpan rasa. Yang ada dia bakalan patah hati berkali-kali. Apalagi, setiap si Ohok deket sama yang lain, pacarnya selalu cemburu dan ngomel-ngomel ke Ohok. Jadi posisinya si Ohok serba salah. Maju kena, mundur kena.
Pesan gue buat semua bangsa gue yang lagi dalam posisi sama kayak si Ohok, udah deh, tinggalin aja kalau punya pacar kayak pacarnya si Ohok. Move on, move on! Dan buat para cewek, kalau emang lo dah nemuin orang yang bener-bener bisa ngertiin elo, mending di jaga. Karena ketika lo memlilih meninggalkan dia, dia gak akan mau balik lagi sama elo. 



 

 

  
  

2 comments: